resep siomay ikan tenggiri khas bandung enak maknyus : PanduanIbu

Siomay atau siomai merupakan makanan yang terbuat dari ikan tenggiri dan tepung yang merupakan makanan sejenis dim sum dengan citarasa yang enak dan kenyal. Dalam bahasa Mandarin siomay di sebut dengan shaomai. Tekstur siomay ini hampir mirip dengan jajanan dari tepung lainnya seperti cilok dan bakso.

Agar semakin komplit saat penyajiannya bisa ditambahkan dengan bahan pelengkap lainnya seperti kentang, kubis, pare, tahu kulit, tahu kuning, telur puyuh dan telur rebus. Yang kemudian disiram bumbu kacang kental dan sambal pedas lengkap dengan tambahan kecap manis dan saus botolan jika suka. Sedangkan untuk menambah kesegarannya bisa diberi air perasaan jeruk nipis diatas bumbu siomay.

Saat ini siomay banyak kita jumpai di kedai siomay atau di pedagang keliling yang berjualan siomay menggunakan gerobag dengan rata-rata harga sekitar Rp 7.000,- per porsinya. Berbicara resep siomay ikan tenggiri, saat ini adonan siomay tak melulu menggunakan campuran ikan tenggiri saja loh. Karena saat ini resep siomay dapat dikreasikan dengan bahan lainnya seperti udang, ayam, kepiting dan daging sapi.

Jika dilihat penyajiannya, untuk tampilan siomay ini hampir mirip dengan jajanan batagor yang resepnya kami bagikan beberapa waktu lalu. Jika ingin membuatnya anda bisa lihat resepnya di sini Resep Batagor Ikan Tenggiri Pangsit Khas Bandung Enak Praktis. Lanjut ke resep siomay ikan tenggiri, makanan ini biasanya dipanaskan atau dikukus terlebih dahulu ketika akan penyajian.

Karena menurut kebanyakan orang siomay ikan akan terasa enak jika disajikan dalam keadaaan masih panas. Siomay bisa d sajikan sebagai camilan keluarga ketika bersantai atau bisa juga di sajikan untuk acara-acara special lainnya. Seperti arisan, kudapan ulang tahun dan acara khajatan.

Penasaran ingin buat siomay sendiri di rumah? Yuk disimak Bahan Dan Cara Membuat Resep Siomay Ikan Tenggiri seperti dibawah ini.

Resep Siomay Ikan Tenggiri Dan Cara Membuatnya

 

Bahan Adonan Siomay :
Ikan tenggiri giling 300 gram
Tepung tapioka 8 sdm
Tepung maizena 2 sdm
Telur ayam 2 butir kocok lepas
Daun bawang 2 batang cincang halus
Bawang putih 5 siung haluskan
Air 100 ml
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Kecap asin secukupnya
Gula secukupnya

Bumbu kacang siomay :

Kacang tanah 250 gram sangrai buang kulit arinya
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Cabe rawit sesuai selera
Terasi secukupnya
Air 500 ml
Perasan jeruk limau sesuai selera
Kecap manis sesuai selera

Bahan Pelengkap Siomay :

Tahu kulit 6 buah
Kol 5 lembar
Kentang 2 buah
Telur rebus 2 buah
Potongan timun

Langkah Membuat Siomay :

Siomay : campur semua bahan siomay, uleni hingga kalis dan bisa di bentuk. Kemudian kukus hingga matang. Kukus juga bahan pelengkapnya seperti tahu kulit, kol, kentang dan telur rebus. Kalau ingin buat siomay ala dimsum bisa ditambahkan kulit lumpia basah lalu isi adonan siomay dan kukus hingga matang.
Bumbu Kacang :Haluskan semua bahan bumbu, lalu tumis hingga harum. Ketika bumbu siomay hampir matang beri perasan jeruk limau untuk menambah aroma. Cicipi hingga di rasa pas dengan rasa yang di inginkan.
Siomay bisa di sajikan baik di kukus maupun di goreng sesuai selera. Sebaiknya sajikan siomay ini secara hangat bersama bumbu kacang dan potongan mentimun. Mantap!

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai Resep Siomay Ikan Tenggiri Khas Bandung Enak Maknyus. Jangan lewatkan jajanan Bandung lainnya seperti Resep Kue Awug-awug Khas Bandung Isi Gula Merah Enak Legit yang layak untuk dicoba. Sekian

Sumber :